Pengertian Komunikasi

Pengertian Komunikasi, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya


Banyak ahli memberikan pengertian komunikasi, tujuan, fungsi, syarat dan manfaat komunikasi atau dampak komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.
Pengertian Komunikasi Secara Umum adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan atau informasi antara dua individu atau lebih dengan efektif sehingga dapat dipahami dengan mudah.

Istilah komunikasi dalam bahasa inggris disebut communication, yang berasal dari kata communication atau communis yang memiliki arti sama atau sama yang memiliki makna pengertian bersama. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita dari dua orang atau lebih agar pesan yang dimaksud dapat dipahami.


Pengertian Komunikasi Menurut Para Pakar

James A.F.Stoner : adalah proses dimana seseorang berusaha memberikan pengertian dengan cara pemindahan pesan.
Prof. Drs. H.A.W. Widjaya  : Pengertian komunikasi adalah hubungan kontak antar dan antara manusia baik individu maupun kelompok.
William F.Glueck : Komunikasi dapat dibagi menjadi dengan dua bentuk. yaitu sebagai berikut :

  • Interpersonal Communications : Interpersonal communications (komunikasi antar pribadi adalah proses pertukaran informasi serta pemindahan pengertian antara dua orang atau lebih di dalam suatu kelompok kecil manusia. 
  • Organization Communications : Organization communications adalah proses dimana pembicara secara sistematis memberikan informasi dan memindahkan pengertian kepada orang yang banyak dalam organisasi dan kepada pribadi-pribadi dan lembaga-lembaga di luar yang ada hubungan. 

2 komentar

Komunikasi yang baik memang diperlukan agar segala macam informasi, dapat tersampaikan dengan baik dan benar, jangan sampai ada istilah mis komunikasi, makanya di beberapa sekolah atau universitas dibuka jurusan ilmu komunikasi, hal ini menandakan bahwa komunikasi adalah hal yang penting didalam kehidupan manusia, terimakasih atas artikelnya, dapat menambah wawasan kami.

Untuk berkomentar, silahkan gunakan bahasa yang baik yah !!!
Terimakasih !!!
EmoticonEmoticon