Pengertian dan Penjelasan Komponen CSS (Selector, Property, Value)

Setelah kita mempelajari Pengertian CSS, Selanjutnya kita bahas mengenai
Pengertian dan Penjelasan Komponen CSS (Selector, Property, Value).

Pengertian Selector CSS

CSS berfungsi untuk memanipulasi  atau mengubah tampilan dari HTML yang terdiri dari susunan tag. Untuk mengaitkan antara tag tag HTML yang akan dimanipulasi atau diubah, maka CSS memerlukan sebuah cara bagaimana CSS menghubungkan dan mengaitkan kodenya ke dalam tag HTML yang dimaksud. Maka cara itulah yang disebut dengan Selector CSS.

Selector digunakan untuk mencari bagian web (tag) yang akan yang tampilannya akan dimanipulasi dengan style sesuai keinginan kita. Misalnya : tag <p>, tag <h1>, tag <table>, dan lain-lain. Supaya lebih jelas mengenai selector css, perhatikan gambar di atas.

Pengertian Property CSS

Property CSS merupakan elemen atau bisa disebut sebagai atribut dari sebuah selector di dalam CSS. Property inilah yang akan diubah ubah nilainya untuk mendapatkan jenis tampilan yang kita inginkan dari sebuah tag HTML.

CSS mempunyai banyak sekali  property yang dapat kita gunkan untuk mengatur tampilan dari halaman web yang kita inginkan. Sebagai contoh, selector yang digunakan adalah untuk paragraph (tag <p>), maka propertinya adalah jenis huruf dari paragraf tersebut, ukuran huruf, warna huruf, huruf miring, huruf tebal, dan lain sebagainya. Supaya lebih jelas mengenai property css, perhatikan gambar di atas.

Pengertian Value CSS

Value CSS adalah nilai yang diberikan untuk sebuah property. Misalnya untuk untuk mengubah warna latar belakang dari sebuah selector, maka  background-color sebagai property nya yag digunakan untuk mengubah warna latar belakang dari sebuah selector, value atau nilainya bisa kita berikan warna merah (red), warna biru (blue), hitam (black), atau putih (white).

Supaya lebih jelas mengenai value css, silahkan perhatikan gambar di atas.

Untuk berkomentar, silahkan gunakan bahasa yang baik yah !!!
Terimakasih !!!
EmoticonEmoticon