Prosedur Instalasi Jaringan Sederhana dengan kabel UTP

Jaringan komputer yang paling sederhana berdasarkan cakupan areanya adalah jaringan PAN (Personal Area Network). Salah satunya adalah jaringan Peer to Peer (P2P) yaitu jaringan yang hanya menghubungkan 2 buah komputer.

Jaringan komputer Peer to Peer (PC to PC) adalah jaringan komputer yang hanya menghubungkan dua komputer dimana kedua komputer bisa menjadi server maupun client, jadi tidak ada perbedaan antara client dan server. Dalam pemasangan jaringan peer to peer anda tidak perlu memakai hub karena dalam tipe jaringan dua komputer (PC to PC) ini dapat langsung dihubungkan dengan 1 kabel UTP.

Sebagai catatan untuk membuat jaringan komputer peer to peer kabel UTP yang dibuat harus dengan Crossover / Crossline karena jika menggunakan Straight Through kabel LAN dianggap tidak terkoneksi (a network cable is unplugged) kecuali jika Ethernet atau LAN Card yang anda gunakan sudah support dengan straight through.

Prosedur Instalasi Jaringan:

1. Gambarkan Topologi Peer to Peer
2. Sediakan kabel UTP Crossover. Jika belum tahu cara membuatnya, klik cara membuat kabel cross over.
3. Sediakan 2 buah PC (personal computer) atau laptop
4. Sambungkan kedua PC dengan kabel crossover melalui port LAN Card.
5. Pastikan diantara dua computer sudah saling terhubung dengan kabel UTP, atau adanya tanda koneksi seperti pada gambar dibawah ini. Dengan cara masuk ke jendela control Panel kemudian pilih Network And Sharing Center.

6. Setting IP Address masing-masing komputer.

Caranya :
Klik pada Local Area Connection yang ada di Network And Sharing Center kemudian akan muncul jendela Local Area Connection Properties lalu klik 2 kali pada Internet Protocol Version 4(TCP/IP4)


Akan muncul kolom pengisian IP address seperti berikut :


Setting pada komputer yang lain dengan IP Address kelas C yang sama, akan tetapi bedakan pada penomoran alamat untuk komputer-komputer yang lain (seperti 193.193.193.254) Subnet Mask tetap sama.
Kemudian Klik Ok

6. Test koneksinya melalui Command promt dengan cara mengetikkan IP yang ingin di lihat Koneksinya contohya : Ping 193.193.193.254 lalu tekan Enter 
Jika koneksinya sukses akan terlihat seperti gambar dibawah ini :


Jika koneksinya gagal, maka akan muncul tampilan seperti ini :



Demikian cara dan prosedur instalasi jaringan sederhana dengan menggunakan kabel UTP crossover yang merupakan bagian dari Materi Komputer dan Jaringan Dasar SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan Kelas X semester 2 Kurikulum 2013.



1 komentar so far

thank you the article is very helpful ... and can add information about economic and social technological views make my information about the point of view about global understanding

Untuk berkomentar, silahkan gunakan bahasa yang baik yah !!!
Terimakasih !!!
EmoticonEmoticon