Cara Membuat Jaringan Ad Hoc di WIndows 8.1 dan Windows 10

Apa itu Jaringan Ad Hoc

cara membuat jaringan ad hoc di windows 8.1 dan windows 10
Jaringan Ad Hoc merupakan jaringan komputer yang berbasis wireless (tanpa kabel). Jaringan ini tidak bergantung pada infrastruktur jaringan yang biasa seperti kabel LAN, Router maupun Accsess point. Jaringan ini hanya memanfaatkan Wifi atau wireless LAN yang terdapat pada computer/laptop dan dijadikan sebagai access point.

Apa manfaat Jaringan Ad Hoc?

Jaringan Ad Hoc didunakan jika kita memerlukan pertukaran data atau mau meng-copy data dari laptop yang sat uke laptop yang lain, namun pada saat itu tidak ada peralatan atau media yang bisa menghubungkan kedua laptop tersebut, seperti jaringan wifi dan kabel utp. Dalam keterbatasan itu sebenarnya kita bisa memanfaatkan wireless lan (wlan) / wifi dari salah satu laptop berfungsi sebagai access point, sehingga laptop yang lain bisa terhubung ke laptop tersebut tanpa bantuan peralatan seperti kabel dan access point.

Bagaimana cara membuat Jairngan Ad Hoc?

Nah inilah langkah-langkah cara membuat jarinfan Ad Hoc.
  1. Pastikan laptop kita mendukung untuk dibuat jaringan Ad Hoc. Caranya ketik CMD pada kolom search, kemudian klik Run As Administrator. Kemudian ketik "netsh wlan show drivers" kemudian tekan Enter.

    cara membuat jaringan ad hoc di windows 8.1 dan windows 10
    Cari Hosted Network Supported seperti gambar di atas, jika hasilnya 'YES' maka laptop tersebuyt bisa membuat jaringan ad hoc dengan lancar, namun jika hasilnya 'No' maka hardware laptop tersebut tidak support untuk bisa membuat jaringan ad hoc sendiri dan artinya diperlukan updgrade hardware.

Langkah kedua ketik netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NAMA JARINGAN key=PASSWORD
  • ganti NAMA JARINGAN sesuai dengan kemauan kita karena nantinya nama serta password tersebutlah yang akan digunakan oleh client agar terhubung ke adhoc yang kita buat.
  • PASSWORD diisi denga alphanumeric dengan panjang minimal terdiri dari 8 karakter tanpa tanda spasi. lihat gambar di bawah ini :

cara membuat jaringan ad hoc di windows 8.1 dan windows 10 
  1. SSID dan password sudah kita buat, selanjutnya hanya tinggal kita eksekusi Jaringan Ad-Hoc caranya dengan mengetik perintah  netsh wlan start hostednetwork lalu tekan enter. Maka akan muncul notifikasi sukses The hosted network started seperti terlihat pada gambar di bawah ini

    cara membuat jaringan ad hoc di windows 8.1 dan windows 10
    Nah sampai di sini  Alhamdulillah kita sudah bisa membuat jaringan Ad hoc tanpa bantuan software apapun. Dengan cara ini kita tidak akan merusak system dari laptop kita.

  2. Langkah selanjutnya adalah memastikan apakah jaringan Ad Hoc yang kita buat sudah ada atau belum, Buka Control panel > Network and Sharing Center. Maka jika berhasil akan muncul koneksi wireless yang baru saja kita buat.

    cara membuat jaringan ad hoc di windows 8.1 dan windows 10
Kita sudah berhasil membuat jaringan lokal (LAN) Ad Hoc. Namun jaringan ini belum terkoneksi ke internet. Supaya client-client jaringan Ad Hoc ini bisa koneksi ke internet, maka laptop server Ad Hoc nya harus dijadikan hotspot. Caranya sangat mudah. yaitu :
Control Panel > Network and Sharing Center > klik Change Adapter Setting.
selanjutnya, pada adapter wifi, klik kanan pilih properties.

cara membuat jaringan ad hoc di windows 8.1 dan windows 10

klik tab sharing, lalu centang allow other network..  dan pilih home network connection sesuai dengan adhoc yang baru saja kita buat.

Cara Mamatikan Jaringan Ad Hoc

Jika jaringan Ad Hoc selesai digunkan,sebaiknya fungsinya dimatikan. Caranya sebagai berikut :
  • Masuk kembali ke mode CMD sebagai administrator
  • Ketik netsh wlan stop hostednetwork kemudian tekan enter
  • Maka koneksi Ad Hoc pun akan hilang
Demikian sedikit penjelasan mengenai bagaimana cara membuat jaringan Ad Hoc pada windows 8.1 dan windows 10. Mater ini merupakan bagian dari materi Komputer dan Jaringan Dasar SMK TKJ Kelas X semester 2 Kurikulum 2013.

Semoga Bermanfaat.
Wassalam...

Untuk berkomentar, silahkan gunakan bahasa yang baik yah !!!
Terimakasih !!!
EmoticonEmoticon